Mengenal Metronome: Definisi, Fungsi, dan Manfaat

Lirik Lagu Justin Bieber Favorite Girl dan Terjemahan
Mengenal Metronome: Definisi, Fungsi, dan Manfaat

artiliriklagu.com – Hola sobat ALL, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lengkap mengenai metronome, dimulai dari pengertian metronome, fungsi metronome, dan juga manfaat dari metronome itu sendiri.

Metronom atau metronome ditemukan pada tahun 1815 oleh seorang penemu asal Jerman yakni Johann Nepomuk Maelzel. Sedangkan asal kata metronome sendiri diambil dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan dari kata metron (ukuran) dan nomos (keteraturan).
Bentuk metronome terus berkembang setiap masanya, bermula dari bentuk konvensional yang berwujud hingga sampai bentuk digital yang bisa di pakai dengan sistem komputer bahkan ponsel sekalipun. Keeksistensian metronome di dunia seni musik diidentikkan dengan simbol berhuruf MM yang merupakan akronim dari Melzel Metronome.
Penggunaan metronome seakan menjadi hal yang wajib bagi seorang pemusik, baik itu pemusik yang pemula maupun pemusik yang sudah handal dan banyak karyanya. Hal ini dikarenakan peran vitalnya sebuah metronome dalam proses pembuatan sebuah musik. Lantas apa sebenarnya metronome itu? Lalu apa fungsi dan manfaat metronome dalam pembuatan musik? Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Metronome

Menurut M. Zainal Fahri dalam bukunya yang berjudul Rahasia Jago Biola Otodidak Tanpa Guru: Khusus Untuk Pemula, metronome adalah sejenis alat untuk penyelaras atau penyama tempo lagu dalam bermain musik. Metronome dapat ditemukan di beberapa alat musik, salah satunya yakni keyboard yang dapat berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama misalnya 3/4 atau 4/4.

Fungsi Metronome

Berdasarkan pengertian metronome di atas, dapat diketahui bahwasannya tujuan penggunaan metronome yakni sebagai alat bantu untuk mengindikasikan lalu kemudian menyelaraskan tempo pada sebuah lagu, sehingga tempo pada sebuah lagu tersebut menjadi lebih tertata dan teratur.

Manfaat Metronome

Metronome menjadi salah satu alat yang tidak terpisahkan dan terlupakan dalam bermain musik karena fungsi vitalnya dalam dunia seni musik. Berkaitan dengan fungsi vital dan mudahnya diaplikasikan ke dalam banyak instrumen musik, metronome memiliki segudang manfaat untuk para pemusik yang di antaranya yaitu:
  1. Membantu mengenal tempo musik.
  2. Membantu memahami letak ketukan dan pembagiannya.
  3. Membantu latihan untuk membuat tempo lebih stabil.

Setelah membaca uraian di atas, metronome terbukti benar-benar memiliki dampak yang signifikan terhadap proses pembuatan sebuah musik, tanpanya bisa saja sebuah musik memiliki tempo yang tidak beraturan dan merusak kenikmatan dalam bermain musik.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai metronome, semoga kalian mengerti dengan pembahasan yang telah kami sajikan. Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.

Related Posts

You cannot copy content of this page

X